Selasa, 03 April 2012

SERTIFIKASI 2012

Para guru calon peserta sertifikasi guru yang lulus Uji Kompetensi Awal (UKA) harus bersabar untuk ikut PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru). Sebab, Kemendikbud menjadwalkan PLGP bakal digelar Juni nanti.

Sama dengan UKA, PLGP ini dikomando oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dihubungi di Jakarta kemarin (2/4), Kepala BPSDMP-PMP Kemendikbud Syawal Gultom menuturkan, saat ini persiapan pelaksanaan PLGP periode 2012 terus dijalankan.

Gultom menuturkan, pertengahan April mendatang pihaknya menandatangani kontrak pelaksanaan PLPG dengan seluruh LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan). Ikatan kontrak ini perlu mengingat LPTK adalah pihak yang terlibat teknis dalam pelaksanaan PLPG.

Setelah kontrak kerja ini diteken, seluruh guru peserta PLPG siap dididik dan dilatih. Gultom menuturkan, pihaknya menjadwalkan seluruh guru mulai masuk PLPG Juni nanti. Dia memilih bulan tersebut karena bertepatan dengan libur sekolah.

Gultom mengatakan, durasi PLPG ini ditetapkan 90 jam dan berlangsung sembilan hari. Dalam pelaksanaan PLPG ini seluruh guru atau peserta tidak dipungut biaya. Sebaliknya, guru akan mendapatkan uang makan.
Selain itu, akan disiapkan penginapan di masing-masing LPTK. Beberapa kampus negeri sudah ditunjuk LPTK menjalankan PLPG dengan sukses. Misalnya di Universitas Negeri Jakarta.

Sesuai hasil UKA dihelat akhir Februari lalu, jumlah peserta PLPG 249.001 orang. Diakhir masa PLPG, Gultom mengatakan, dilakukan ujian kompentensi akhir. Bagi peserta lulus, mendapatkan sertifikat pendidik professional dan berhak memperoleh tunjangan profesi pendidik (TPP). Bagi yang belum lulus, harus mengikuti PLPG susulan.

Gultom menegaskan, pihaknya sudah menetapkan passing grade tertentu untuk kelulusan PLPG. Peserta PLPG gagal UKA, Kemendikbud menyiapkan beberapa langkah. Di antaranya, mereka akan mengikuti diklat khusus. (jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar