Kamis, 19 April 2012

Mau ke Mana Setelah Ini....?

Ujian Nasional (UN) sudah usai, para siswa dapat berlega hati, tapi jangan terpancing untuk melakukan hal hal yang negatif seperti yang terjadi setelah UN terakhir di beberapa daerah di Indonesia. Tawuran antar pelajar di Jakarta, adanya aksi corat-coret baju di daerah lain, dan penyanderaan kendaraan umum, pengrusakan fasilitas umum dan sebagainya. Yang harus dipikirkan sekarang adalah “mau kemana setelah ini?”. Kuliah atau bekerja ?.  Bagi yang mau masuk ke dunia kerja sudahkan anda memiliki kompetensi yang memadai sesuai permintaan pasar kerja saat ini. Jika kuliah tentu banyak pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang. Jangan asal masuk kuliah saja alias gengsi kalo tidak kuliah. Untuk yang mau meneruskan studi di perguruan tinggi atau akademi silakan lanjutkan membaca.  Jika tidak silakan tutup laman ini. 

Saat ini 89 PTN dan 3.038 PTS di 373 kabupaten/kota di 33 propinsi menyelenggarakan 16.000 lebih jurusan/program studi jenjang diploma, sarjana, profesi, magister hingga doktor, di 460-an bidang studi. Bagaimana kondisi dan kualitas prodi tersebut? Bagaimana memilih satu di antaranya? Dari 11.304 Prodi yang diselenggarakan oleh PTS, ternyata ribuan (per Maret 2010 ada 3.285 Prodi) SUDAH HABIS ijin operasionalnya dan lebih dari 2.500 Prodi kadaluarsa tahun itu.

Data BAN-PT per September 2011 menyatakan hanya 9.712 dari 16.225 prodi PTN dan PTS yang akreditasinya masih berlaku. Dulu, akreditasi ini sifatnya pilihan. Artinya, selama memiliki ijin operasional yang masih berlaku, tidak ada masalah. Tetapi PP no. 19 tahun 2005 mengubah hal itu. PP tersebut mengatur bahwa mulai tahun 2012, prodi yang tidak terakreditasi TIDAK BOLEH menerbitkan ijasah. Fakta dan informasi ini tidak diketahui oleh sebagian (besar) calon mahasiswa, terutama di daerah. Akibatnya, sering mereka tertipu oleh promosi yang dilakukan oleh PT

Nah….! Sesudah membaca tulisan diatas tentu timbul pertanyaan anda, hal apa yang harus di pikirkan untuk melanjutkan pendidikan di sekian banyak PTN/PTS yang ada di Indonesia. Yang pertama adalah hitung kemampuan financial yang akan mendukung kelancaran studi. Untuk hal ini anda juga bisa mencari beasiswa.

Kedua, yang harus diperhatikan adalah apakah PT yang dipilih mempunyai jurusan yang diminati. Lihat Fakultas/Program Studi yang tersedia di sini. untuk PTN dan di sini untuk PTS Bagaimana status akreditasinya, terakreditasi atau tidak. Untuk melihat status akreditasi PT silakan klik disini. Cari brosur atau bertanya kepada saudara, teman yang kuliah di PT tersebut. Pokoknya pintar pintar deh cari info.

Ketiga perhitungkan jarak lokasi kuliah dengan tempat tinggal. Karena ini kan berpengaruh terhadap biaya yang akan dikeluarkan untuk kelangsungan kuliah anda. Bila terlalu jauh bisa mencari tempat tinggal atau “ngekos” disekitar lokasi. Jangan lupa sesuaikan tempat tinggal tersebut dengan kemampuan keuangan anda.

“jangan pilih tempat kuliah karena penampilan fisiknya”

Info SNMPTN di  http://www.snmptn.ac.id.
Cari Uang Saku : disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar